Laporan Kerja Praktek PT. Singa Mas Indonesia 25 Juni-27 Juli 2018

Soesanto, Kevin and Daniel, . (2018) Laporan Kerja Praktek PT. Singa Mas Indonesia 25 Juni-27 Juli 2018. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (869kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB IX.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

PT. Singa Mas Indonesia merupakan anak perusahaan Charoen Pokphand group yang khusus bergerak di industri beverage ready to drink, yang telah didirikan sejak 7 maret 2014 yang hingga saat ini telah menghadirkan produk-produk yang telah dikenal diseluruh masyarakat Indonesia. Salah satu produk dari PT. Singa Mas Indonesia adalah “Fiesta” yang telah terkenal dengan kualitas dan mutu dari produknya, dengan mengusung teknologi cold aseptic filling yang dapat menjaga aroma dan rasa yang khas dari teh sehingga menjadi suatu keunggulan dari perusahaan ini. Lalu pada plant 1 ada proses pembuatan air minum dalam kemasan (AMDK). Proses produksi AMDK dimulai dari proses pengolahan water treatment process yang dilakukan dengan cara mengambil air yang dipompa langsung dari sumbernya, kemudian ada masuk ke proses selanjutnya yaitu penyaringan dengan multimedia filter hal ini dilakukan untuk menghilangkan partikel-partikel yang ada di dalamnya. Lalu pada tahap selanjutnya dilakukan penambahan klorin yang berguna untuk membunuh mikroorganisme yang ada, setelah dari tangki klorinasi akan disalurkan ke proses penyaringan menggunakan carbon filter lalu terjadi pertukaran kation antara resin dan hardness dengan cara memasukan kedalam tangki softener, hasil dari tangki softener akan ditampung kedalam 2 tangki besar untuk menampung soft water, air pada salah satu tangki akan diproses menjadi air RO menggunakan alat reverse osmosis, lalu masuk pada plant 1 dimana dilakukannya proses pembuatan AMDK dengan melalui beberapa tahap yaitu penyaringan menggunakan catridge filter, lalu pemberian ozon untuk membunuh mikroorganisme, selanjutnya dilakukan penyinaran terhadap air menggunakan lampu UV agar dapat mengurangi kadar ozon yang ada dalam produk, kemudian masuk ke mesin filling lalu diberi label dan langsung di packaging. Daerah pemasaran dari minuman ini hampir mencakup seluruh pulau Jawa dan Indonesia bagian timur. PT. Singa Mas Indonesia menggunakan beberapa parameter untuk menjamin kualitas dan mutu dari minumannya, dari pengamatan yang kami lakukan bahwa kualitas dari bahan baku sampai produk yang dihasilkan telah memenuhi syarat yang ada, selain itu pengamatan yang dilakukan menunjukan efisiensi pada setiap alat yang menunjang proses produksi telah berjalan dengan baik

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Kevin Soesanto
Date Deposited: 22 Feb 2019 05:52
Last Modified: 22 Feb 2019 05:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item