Hubungan antara citra tubuh (body image) dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara di Puskesmas Pucang Sewu Surabaya

Andriyani, Niken (2017) Hubungan antara citra tubuh (body image) dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara di Puskesmas Pucang Sewu Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
Bab 7 dan Dapus.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang berisiko mempengaruhi citra tubuh. Kualitas hidup merupakan konsep analisis kemampuan individu untuk mendapatkan hidup yang normal. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara citra tubuh dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan Cross-Sectional. Variabel independen citra tubuh dan variabel dependen kualitas hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah 46 pasien kanker payudara di Puskesmas Pucang Sewu Surabaya. Kriteria inklusi penelitian ini yaitu perempuan, usia produktif pendidikan SD-SMA dan hubungan dengan orang baik. Kriteria ekslusi penelitian ini yaitu amputasi, operasi plastik, protesa, hemiplegi, buta dan tuli. Sampel penelitian 41 pasien kanker payudara di Puskesmas Pucang Sewu Surabaya, menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan, umur 36-45 tahun sebanyak 47%, tahun 2015 yang terdiagnosa kanker payudara 66%, responden yang melakukan pemeriksaan di puskesmas 91%, riwayat mastektomi 90%, yang melakukan mastektomi pada tahun 2016 44%, terdiagnosis stadium 3A 54%, pendidikan terakhir SMA 83%, responden yang tinggal bersama suami 34%, berstatus menikah 71%, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga 47%, responden yang tidak ada penghasilan 49%, menggunakan asuransi kesehatan BPJS 98%, citra tubuh negatif 76% dan kualitas hidup sedang 96%. Tidak ada hubungan antara citra tubuh dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara, nilai p (0,592). Persepsi individu yang positif mengenai kodisinya, psikologis yang baik, dukungan keluarga, dukungan sosial dan penerimaan diri akan mempengaruhi citra tubuh dan kualitas hidup pada pasien kanker payudara. Pendidikan kesehatan bagi penderita kanker payudara perlu ditingkatkan untuk meningkatkan citra tubuh dan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined]
Uncontrolled Keywords: Citra tubuh, Kanker payudara, Kualitas hidup
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 5240 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 02:38
Last Modified: 30 Jan 2018 02:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item