Pengaruh lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran terhadap sineresis dan sifat sensoris yogurt anggur bali (vitis vinifera var. alphonso lavalle)

Prastya, Gita Monika (2015) Pengaruh lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran terhadap sineresis dan sifat sensoris yogurt anggur bali (vitis vinifera var. alphonso lavalle). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Fruit yogurt adalah yogurt yang dalam proses pembuatannya ditambahkan sari buah sebagai penambah cita rasa, warna, dan aroma yang khas. Sari buah yang digunakan adalah sari buah anggur Bali. Penambahan sari buah anggur Bali diharapkan dapat meningkatkan sifat fisik yogurt dan menghasilkan mutu sensoris yang dapat diterima oleh konsumen. Cara pemasaran dan distribusi yogurt yang banyak dilakukan oleh masyarakat skala industri kecil pada umumnya adalah dengan mengkombinasi penyimpanan pada coolbox bersuhu 15oC-20oC selama 10 jam dan dilanjutkan dengan penyimpanan pada refrigerator bersuhu 5oC selama 14 jam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pada kondisi tersebut terhadap sineresis dan mutu sensoris yogurt anggur Bali. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal, yaitu lama penyimpanan (1, 5, 9, 13, 17, dan 21 hari) dengan pengulangan 4 kali setiap perlakuan. Parameter yang diuji yaitu pH, sineresis, dan organoleptik (kesukaan terhadap rasa dan konsistensi curd). Data yang diperoleh dianalisa secara statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α=5%. Apabila hasil uji ANOVA menunjukkan perbedaan nyata, maka dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan beda nyata. Perbedaan lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran berpengaruh nyata terhadap sineresis serta kesukaan panelis terhadap rasa dan konsistensi curd yogurt anggur Bali. Semakin lama penyimpanan, persentase sineresis semakin meningkat serta pH dan kesukaan panelis terhadap rasa dan konsistensi curd menurun. Selama penyimpanan 21 hari, pH yogurt anggur Bali menurun 17,6% (4,586-3,779) dan persentase sineresis meningkat 24,22% (0,355%-8,955%). Kesukaan panelis terhadap rasa dan konsistensi curd masih dapat diterima sampai hari ke-9 (6,36-6,79=agak suka-suka) dan pada hari ke-21 (2,46=sangat tidak suka).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculity of Agricultural Tehnology" not defined]
Uncontrolled Keywords: fruit yogurt, anggur Bali, sineresis, sifat sensoris yogurt, lama penyimpanan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:22
Last Modified: 18 Jan 2018 07:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item