Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengupahan terkomputerisasi pada perusahaan manufaktur pengolah udang (studi kasus pada PT. SKL)

Andriani, Vanesa (2017) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengupahan terkomputerisasi pada perusahaan manufaktur pengolah udang (studi kasus pada PT. SKL). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Teknologi informasi terus berkembang seiring dengan semakin tingginya kompleksitas dari kebutuhan perusahaan. Perusahaan memerlukan sistem informasi akuntansi untuk kegiatan operasionalnya terutama dalam pengambilan keputusan. Salah satu bagian penting dari sistem informasi akuntansi adalah sistem pengupahan. Sistem pengupahan yang tepat waktu, akurat, dan relevan akan berpengaruh positif terhadap proses produksi perusahaan. Peneliti melakukan penelitian pada sistem pengupahan karyawan produksi PT. SKL, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan udang. Selama ini perusahaan menggunakan sistem manual dalam sistem pengupahannya, dimana masih sering terjadi masalah seperti keterlambatan dalam pembagian upah dan ketidaksesuaian komponen upah antara hasil yang sesungguhnya dikerjakan karyawan dengan catatan yang ada pada bagian payroll. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan sistem informasi akuntansi pengupahan terkomputerisasi, dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dengan dengan data kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis sistem pengupahan yang sedang berlangsung, menentukan kebutuhan informasi pengguna dan tujuan sistem yang baru, serta merancang sistem informasi terkomputerisasi. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem pengupahan yang dapat meningkatkan akurasi serta tepat waktu dalam pembagian upah karyawan produksi. Adanya sistem terkomputerisasi dapat membantu proses pengupahan menjadi lebih tepat waktu, akurat, dan relevan sehingga diharapkan permasalahan yang terjadi pada perusahaan terselesaikan dan kinerja perusahaan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, sistem pengupahan, terkomputerisasi.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Vanesa Andriani
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:23
Last Modified: 18 Jan 2018 02:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item