Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu (2017) Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients. Folia Medica Indonesiana, 53 (1). pp. 33-40. ISSN 2355-8393

[thumbnail of Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients]
Preview
Text (Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients)
3-Effect_of_Mindfullness_....pdf

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients] Text (Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients)
3-Effect_of_Mindfullness_hasil_cek_plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients_peer_review] Text (Effect of mindfullness meditation on stress level and coping mechanism in cancer patients_peer_review)
3-R1&2_Effect_of_Mindfullness_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Pasien kanker memiliki kecenderungan untuk mengalami gangguan mental, karena perubahan fisik yang ditimbulkan membuat pasien frustasi dan putus asa, yang berdampak pada munculnya anxietas, depresi, isolasi sosial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh mindfullness meditation terhadap tingkat stres dan mekanisme coping pada pasien kanker. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Sampel terdiri dari 32 pasien kanker dengan kesadaran composmentis di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur, yang diambil dengan total sampling. Instrumen kuesioner adalah Perceived Stress Scale dan Coping Strategies Inventory. Uji statistik menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan Paired T-test P < 0.05. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh mindfulness meditation terhadap tingkat stres p = 0.001, terhadap mekanisme coping adaptive p = 0.001 dan maldaptif p = 0.003. Sebagai simpulan, Mindfulness Meditation menyebabkan responden dapat berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada dirinya, dan juga dapat memperkuat daerah otak pada pusat perhatian dan fungsi eksekutif, interoception dan fleksibilitas mental. (FMI 2017;53:33-40)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mindfulness Meditation, tingkat stres, mekanisme coping
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 30 Aug 2018 09:11
Last Modified: 14 Jun 2019 06:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item