Perbedaan psychological well-being guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya

Lestari, Christina Elvi (2017) Perbedaan psychological well-being guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru pada tingkatan SMA di Surabaya memiliki tugas yang penting selain mengajar yaitu guru harus mampu mengarahkan siswa-siswi untuk menentukan kelanjutan karir. Tugas tersebut dimiliki oleh guru yang berstatus tetap dan juga yang berstatus tidak tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan psychological well-being pada guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Skala yang digunakan adalah skala Psychological well-being yang merupakan teori Ryff (1989) yang terdiri dari 6 dimensi (self-acceptance, positive relations with others, autonomy, environmental mastery, purpose in life, personal growth). Guru harus memiliki psychological well-being. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru SMA, 49 guru tetap dan 49 guru tidak tetap (N:99). Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan Skala psychological well-being yang dibuat oleh peneliti. Analisis data menggunakan independent (t-test). Hasil analisis data menunjukkan nilai t sebesar 2.791 dan nilai p = 0,006 (p < 0,05) yang berarti ada perbedaan psychological well-being pada guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Perbedaan tersebut terlihat dari psychological well-being guru tetap 14% pada kategori sangat tinggi sedangkan guru tidak tetap 6% pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Psychological well-being, guru tetap, guru tidak tetap.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 4858 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 08:10
Last Modified: 21 Dec 2017 14:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item