Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia

Ninda Ayu Prabasari P., . (2016) Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia. Jurnal Ners Lentera, 4 (1). pp. 26-39. ISSN 2338-6341

[thumbnail of Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia]
Preview
Text (Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia)
jurnal LENTERA NINDA AYU.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia-peer review] Text (Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia-peer review)
R 1+2_Pengaruh_Terapi_Musik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia] Text (Literature Review: Pengaruh terapi musik terhadap agitasi pada lansia demensia)
Literature Review Pengaruh Terapi Musik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Lansia demensia di Indonesia mendekati satu juta orang. Masalah utama yang muncul pada keluarga dan staff perawatan saat terjadinya agitasi pada lansia demensia. Penanganan perilaku agitasi meliputi penggunaan obat antipsikotik secara umum atau pembatasan fisik, tetapi penanganan tersebut tidak menjamin tidak terjadinya efek samping. Oleh sebab itu terapi musik dapat menjadi alternatifnya. Tujuan dari literature review adalah untuk me-review efektifitas terapi musik dalam mengurangi perilaku agitasi pada lansia demensia. Metode: Literature review dilakukan berdasarkan issue, metodologi, persamaan dan proposal penelitian lanjutan. Kriteria inklusi meliputi penerapan terapi musik pada lansia demensia, dan khususya pada perilaku agitasi. Dari 9 penelitian yang termasuk dalam criteria inklusi semuanya menggunakan metode eksperiman. Populasinya adalah seluruh lansia demensia dan sampel yang digunakan adalah lansia demensia yang mengalami perilaku agitasi. Variabel yang dilakukan pemeriksaan adalah perilaku agitasi, kecemasan dan keluarga. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 8 penelitian yang menyetujui bahwa terapi musik efektif mengurangi perilaku agitasi pada lansia demensia, sedangkan satu penelitian yang berbeda tidak memberikan suatu persetujuan dan menyarankan penelitian lanjutan dengan sampel dan dosis terapi yang lebih adekuat. Beberapa jenis musik tidak spesifik disetujui dan diketahui peneliti. Kesimpulan: Terapi musik efektif menurunkan perilaku agitasi pada lansia demensia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Demensia, lansia, terapi musik, agitasi
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Ninda Ayu Prabasari
Date Deposited: 15 Mar 2017 11:20
Last Modified: 14 Jun 2019 07:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item