Analisis pengaruh struktur corporate governance dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2014

Sugiharto, Amelia Florentina (2017) Analisis pengaruh struktur corporate governance dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2014. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

Laporan keuangan yang memiliki integritas adalah laporan keuangan yang menampilkan kondisi suatu perusahaan yang sebenarnya, tanpa ada yang ditutup-tutupi atau disembuyikan. Untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi setiap penggunanya maka lahirlah konsep konservatisme untuk menyempurnakan laporan keuangan tersebut. Mekanisme tata kelola perusahaan yang diterapkan oleh perusahaan haruslah mampu mengurangi asimetri informasi melalui pengungkapan informasi dalam laporan keuangan dengan benar dan jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur corporate governance dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah : komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, kualitas audit. Variabel terikat adalah integritas laporan keuangan diproksi dengan konservatisme akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2014. Berdasarkan teknik pengambilan sampel purposive sampling diperoleh 59 perusahaan yang memiliki kelengkapan data keuangan untuk tahun 2009-2014 yang diperlukan untuk pengukuran keseluruhan variabel. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kepemilikan institusional, komite audit dan kualitas audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan; (2) komisaris independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Accounting" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Amelia Florentina Sugiharto
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:48
Last Modified: 17 Feb 2017 07:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item