Analisis pengaruh strategi diversifikasi dan transfer pricing terhadap beban pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2015

Ardianto, Andy (2017) Analisis pengaruh strategi diversifikasi dan transfer pricing terhadap beban pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi yang berkembang membuat perusahaan memerlukan sebuah strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satu strategi yang diterapkan adalah strategi diversifikasi. Dengan strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan penjualannya melalui diversifikasi usaha maupun diversifikasi geografis. Diversifikasi membuat perusahaan memerlukan sebuah metode penentuan harga atas transaksi yang terjadi antar divisi dalam perusahaan atau antar perusahaan yang dikenal dengan istilah transfer pricing. Transfer pricing dapat dilihat dari transaksi dengan pihak berelasi. Perusahaan harus menerapkan prinsip kewajaran dan kelaziman usaha atas transaksi tersebut. Akan tetapi, beberapa perusahaan dapat melakukan transfer pricing dan tidak perlu menerapkan prinsip kewajaran. Kedua hal tersebut memiliki pengaruh terhadap beban pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi diversifikasi dan transfer pricing terhadap beban pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah strategi diversifikasi dan transfer pricing serta variabel dependen yaitu beban pajak. Kemudian, variabel kontrol yang digunakan, yaitu ukuran perusahaan, debt to equity ratio (DER), dan return on assets (ROA). Obyek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2015 dan harus memenuhi kriteria dalam pengambilan sampel. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diversifikasi dan transfer pricing berpengaruh negatif terhadap beban pajak perusahaan. Variabel kontrol ukuran perusahaan tidak berpengaruh, sedangkan DER dan ROA berpengaruh positif terhadap beban pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Beban pajak, strategi diversifikasi, transaksi dengan pihak berelasi, transfer pricing
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3993 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:32
Last Modified: 17 Feb 2017 01:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item