Hubungan pola asuh orangtua dengan tugas perkembangan pada anak usia pra sekolah (3-5 tahun)di TK Insan Cendekia Tulangan Sidoarjo tahun 2016

Making, Agustina Ina B. (2017) Hubungan pola asuh orangtua dengan tugas perkembangan pada anak usia pra sekolah (3-5 tahun)di TK Insan Cendekia Tulangan Sidoarjo tahun 2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 .pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)

Abstract

Pola asuh orangtua merupakan salah satu faktor pendukung tugas perkembangan anak pra sekolah. Tugas perkembangan mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini, yaitu dari 0-5 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan tugas perkembangan anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah anak yang berusia 3-5 tahun di TK Insan Cendekia sejumlah 83 anak dengan sampelnya 15 ibu dan 15 anak. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Variabel independen adalah pola asuh orangtua dan variabel dependen adalah tugas perkembangan pada anak usia pra sekolah (3-5 tahun). Alat ukurnya adalah kuesioner tertutup berskala Likert dan DDST II. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pola asuh orangtua dengan tugas perkembangan secara bermakna (p < 0.05) dan nilai signifikannya p = 0,023. Penerapan pola asuh yang baik akan meningkatkan taraf kecerdasan pada anak untuk mencapai tugas perkembangan yang sesuai usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Tugas Perkembangan, Pra Sekolah
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 3838 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:18
Last Modified: 15 Mar 2017 04:56
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9735

Actions (login required)

View Item View Item