Oktavianti, Maura Angelina (2017) Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan perilaku tertutup pencegahan HIV/AIDS pada remaja di Sekolah Menengah Kejuruan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (35kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 7)
Bab 7.pdf Download (28kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
Abstract
HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh suatu virus yang menyerang system kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan AIDS (Aquarired Immunodeficiensy Syndrome). Pencegahan penyakit ini lebih baik dilakukan sedini mungkin, misalnya pada remaja, melalui pendidikan kesehatan untuk menumbuh-kembangkan wawasan. Dengan demikian pengetahuan dan perilaku diharapkan semakin baik dalam mencegah penularan HIV dikalangan masyarakat terutama remaja. Tujuan penelitian adalah untuk menunjukan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada remaja. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dengan pendekatan one-group pre-test-post-test design. Populasinya adalah 730 siswa kelas XI sekolah menengah kejuruan. Sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah populasi yaitu 73 siswa. Metode samplingnya adalah proporsional random sampling. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan sedang variabel dependen pengetahuan dan perilaku remaja dalam mencegah HIV/AIDS. Alat ukurnya adalah kuesioner tertutup dengan format skala likert. Uji Hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kesehatan menghasilkan peningkatan pengetahuan (p=0,000<α=0,05) dan perubahan perilaku (p=0,000<α=0,05). Pemberian pendidikan kesehatan efektif terhadap pengetahuan dan perubahan perilaku pencegahan pada remaja. Pendidikan kesehatan ini mampu membentuk remaja yang sadar akan pentingnya kesehatan dan menjadi generasi bangsa yang mampu mencegah suatu penyakit dikalangan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Perilaku, Remaja, HIV/AIDS |
Subjects: | Nursing Science |
Divisions: | Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program |
Depositing User: | Users 3839 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 02:17 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 02:17 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9678 |
Actions (login required)
View Item |