Peranan corporate social responsibility dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan

Ratna, Maurin Laurentia (2009) Peranan corporate social responsibility dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, membuat perusahaan menghadapi tantangan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan tetap menjalankan bisnisnya secara beretika. Hal ini dikarenakan investor memperhatikan dampak dari suatu kegiatan perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan alamo Untuk memenuhi hal ini perusahaan perlu melaksanakan Corporate Social Responsibility dalam rangka menjalankan bisnis. Corporate Social Responsibility adalah kegiatan perusahaan dalam dunia bisnis yang menunjukkan dampak nyata pada kualitas kehidupan stakeholder-nya. Sebuah perusahaan tidak hanya memiliki kewajiban secara ekonomis dan legal pada pemegang saham saja, tetapi kewajiban yang lebih luas lagi termasuk kepada masyarakat. Perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial akan memberikan dampak positif terhadap reputasi perusahaan. Hal ini pada akhimya akan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan, yaitu menjadi lebih tinggi. Penerapan corporate social responsibility (CSR) membuat perusahaan membangun hubungan yang harmonis dengan semua stakeholder (tidak hanya stockholder), sehingga akan tercipta keunggulan kompetitif bagi produk perusahaan. Penerapan CSR yang tepat sasaran mempunyai arti penting, yaitu menjalin hubungan harmonis dengan semua stakeholdemya termasuk masyarakat, lingkungan, dan pemerintah. Hubungan yang harmonis ini akan memastikan keberlanjutan (sustainable) perusahaan dalam jangka panjang. Hal ini dapat dicapai karena perusahaan mengalami peningkatan reputasi pada masyarakat, yang merupakan investasi sosial perusahaan dengan tujuan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Kinetja Keuangan, Reputasi Perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 07 Jan 2015 06:34
Last Modified: 07 Jan 2015 06:34
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item