Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun di PAUD Lestari Surabaya

Lepo, Yuliana (2016) Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun di PAUD Lestari Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (961kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak adalah terapi bermain puzzle. Bermain dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu meningkatkan perkembangan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun. Desain penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi adalah anak yang ada di PAUD Lestari Surabaya berumur 2-3 tahun. Dengan teknik Total Sampling didapat 20 responden. Variabel independen adalah terapi bermain puzzle dan variabel dependen adalah perkembangan sosial anak. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan (p= 0.002) terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak. Ini menandakan bahwa terapi bermain puzzle efektif dalam meningkatkan perkembangan sosial anak. Permainan ini meningkatkan rasa kebersamaan dan interaksi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial, Terapi Bermain, Anak usia 2-3 tahun
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 3298 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:05
Last Modified: 15 Aug 2016 03:05
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8010

Actions (login required)

View Item View Item