Pranoto, Nina Sapphira (2015) Studi eksploratori penerapan strategic purchasing dalam meningkatkan competitive advantage pada PT. CJSP di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (234kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (329kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
Abstract
Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi setiap perusahaan. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif (Competitive Advantage) dibandingkan perusahaan yang lain. Keunggulan kompetitif ini dapat dicapai dengan kemampuan perusahaan memenuhi permintaan pelanggan secara tepat waktu, dengan kualitas produk yang baik, dan harga yang kompetitif serta layanan purna jual yang baik. Ketersediaan produk dan harga yang kompetitif dapat dicapai dengan koordinasi dan perencanaan yang baik antar rantai pasok. Salah satu bagian yang berperan penting adalah bagian purchasing dalam mendapatkan harga terbaik dan mengatur pembelian dan kedatangan barang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, menganalisis, dan mengevaluasi konsep Supply Chain Management pada khususnya, Supply Chain Partnership dan Strategic Purchasing secara khusus, dalam mencapai Competitive Advantage PT. CJSP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan data primer. Data primer ini kemudian diverifikasi dan divalidasi dengan melakukan triangulasi sumber data. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan dan kesimpulan. Bagian purchasing memiliki peranan penting dalam mendukung keunggulan kompetitif perusahaan pada kualitas, harga, dan waktu pengiriman. Purchasing memiliki tanggung jawab untuk mengatur pengadaan dan pengiriman agar pasokan datang tepat waktu dan mendapatkan harga yang kompetitif. Kemitraan dengan pemasok juga menjadi pendukung terbentuknya Competitive Advantage, dukungan prioritas produksi dan pengiriman, pemberian pelatihan dan sertifikasi, pemberian harga yang terbaik merupakan faktorfaktor pendukung. Selain itu, keterlibatan bagian Purchasing dalam penentuan strategi perusahaan juga berperan untuk memberikan masukan yang berguna dalam koordinasi yang dilakukan perusahaan dengan bagian teknik dan keuangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Supply Chain Management, Competitive Advantage, Supply Chain Partnership, Strategic Purchasing |
Subjects: | Business > Strategic Management |
Divisions: | Graduate School > Master Program in Management |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 08 Mar 2016 08:11 |
Last Modified: | 08 Mar 2016 08:11 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6307 |
Actions (login required)
View Item |