Pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer pokok bahasan pemuaian zat padat

Tukan, Maria Fransiska Wulansari (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer pokok bahasan pemuaian zat padat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sehingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perlu ditingkatkan. Peningkatan kualitas SDM dilakukan melalui jalur pendidikan. Pada pelajaran fisika khusunya di Sekolah Menengah Atas (SMA) siswa harus memahami konsep-konsep dasar pada setiap pokok bahasan. Oleh karena itu, guru dituntut membuat perangkat pembelajaran lebih menarik sehingga memotivasi siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer yang meliputi: media berbasis komputer, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), LKS untuk guru, dan rencana evaluasi. Dengan demikian, siswa dapat belajar mandiri dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disediakan oleh guru. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS untuk siswa), LKS untuk guru, Rencana Evaluasi (RE), media berbasis komputer. Setelah dilakukan penelitian diperoleh ketuntasan 93,58% untuk keterlaksanaan RPP dan 82% siswa mencapai SKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, model pembelajaran langsung, pemuaian zat padat
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:46
Last Modified: 25 Jan 2016 08:46
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item