Penerapan metode ekstrim untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Kusumo, Indahwati (2015) Penerapan metode ekstrim untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X-4 SMA Hang Tuah 4 Surabaya, diketahui bahwa kelas ini mengalami kendala dalam kegiatan belajarmengajar Fisika. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dan nilai ulangan yang kurang memuaskan. Nilai rata-rata kelas 56,55 dan hanya 33,33 % siswa yang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-4 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode EKSTRIM pada pokok bahasan gerak melingkar di kelas X-4 SMA Hang Tuah 4 Surabaya dipilih untuk mencapai tujuan penelitan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I terjadi peningkatan keaktifan siswa dari 45,45 % menjadi 69,69 %; peningkatan nilai rata-rata kelas dari 56,55 menjadi 76,76; dan peningkatan ketuntasan siswa dari 33,33 % menjadi 63,63 %. Pada akhir siklus kedua keaktifan siswa kembali meningkat menjadi 91 %; nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90,39 dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Metode ekstrim, penelitian tindakan kelas, peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa, gerak melingkar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:46
Last Modified: 25 Jan 2016 07:46
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item