Perbedaan penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Susilaningsih, Chaterina Yeni (2023) Perbedaan penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5 (1). pp. 5888-5894. ISSN e-ISSN: 2685-936X; p-ISSN:2685-9351

[thumbnail of Perbedaan penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun] Text (Perbedaan penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun)
Perbedaan_Penerimaan_JPDK.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Hasil Cek Similarity] Text (Hasil Cek Similarity)
Turnitin_Perbedaan_Penerimaan_JPDK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak permasalahan muncul yang berhubungan dengan penerimaan diri. Mahasiswa sebagai figur yang sangat diharapkan sering kali memiliki masalah dalam penerimaan diri, baik yang berhubungan dengan factor yang berasal dari dalam dirinya dan luar dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerimaan diri terhadap perilaku belajar ditinjau dari jenis kelamin di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, dan ditetapkan semua anggota populasi ditugaskan menjadi anggota sampel penelitian sejumlah 40 orang mahasiswa, yang terdiri dari 20 orang mahasiswa pria, dan 20 orang mahasiswa wanita. Penetapan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data sesuai dengan tujuan penelitian dengan menggunakan teknik angket (langsung, tertutup) dengan skala pengukuran penerimaan diri menggunakan skala Likert. Teknik analisis menggunakan menggunakan statistik, dimana untuk membuktikan hipotesis diterima atau ditolak dengan menggunakan Analisis Regresi dan Uji Anova 2 Arah dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,648 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan Nilai Sig> 0,05, atau F hitung < F tabel berarti Ha ditolak artinya tidak ada perbedaan pengaruh penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerimaan diri, perilaku belajar, mahasiswa pria dan wanita
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program
Guidance and Counseling
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Chaterina Yeni Susilaningsih
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:22
Last Modified: 05 Sep 2024 07:22
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item