Masygur, Alkuinus Nasrio Selenti (2015) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text
1113011022.pdf Download (10MB) | Preview |
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (614kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (227kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (221kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar fisika siswa kelas X-IPA 3 SMA Santa Agnes Surabaya masih jauh dari standar minimum. Hal ini disebabkan partisipasi siswa serta keterampilan proses sains siswa masih rendah. Persentase ketuntasan siswa yang mencapai SKM 57% dengan skor rata–rata kelas 70 dan persentase partisipasi siswa 40%. Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan implementasi sebuah model pembelajaran yang menekankan kepada maksimalnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa serta keterampilan proses sains siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan Suhu dan Kalor dengan mengimplementasikan model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diimplementasikan dalam siklus-siklus yang berkesinambungan dan setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-IPA 3 tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar observasi keterampilan proses sains siswa, lembar observasi partisipasi siswa, dan tes evaluasi hasil belajar. Indikator keberhasilan ditetapkan sebagai berikut: minimal 80% siswa mencapai SKM; skor rata-rata kelas tidak kurang dari 75 partisipasi siswa tidak kurang dari 70%; keterampilan proses sains siswa tidak kurang dari 75%; dan keterlaksanaan RPP tidak kurang dari 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, PTK perlu dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan partisipasi siswa serta keterampilan proses sains siswa. Pada akhir siklus I persentase ketuntasan hasil belajar 80% dengan skor rata–rata kelas 74, persentase partisipasi siswa 70% dan keterampilan proses sains 77%. Pada akhir siklus II persentase ketuntasan hasil belajar 83% dengan skor rata–rata kelas 81, persentase partisipasi siswa 83% dan keterampilan proses sains 87% Sementara untuk keterlaksanaan RPP pada siklus I dan Siklus II dapat dikategorikan baik dengan persentase keterlaksanaan masing-masing adalah RPP 1 (81%), RPP 2 (90%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa PTK yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas X-IPA 3 SMA Santa Agnes Surabaya telah berhasil dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran inkuiri terbimbing, penelitian tindakan kelas, partisipasi siswa, keterampilan proses sains, suhu dan kalor |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Operator 2 Student Staff |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 05:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 05:03 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4067 |
Actions (login required)
View Item |