Kurniaty, Mariatheres (2015) Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIB SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (546kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (246kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (98kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VII-B SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya ditemukan bahwa keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa masih rendah. Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang telah ditentukan sekolah adalah 75. Berdasarkan hasil ulangan yang telah diberikan, dari 34 siswa hanya 16 siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimum (SKM) atau 47% saja, dengan nilai rata-rata kelas yaitu 68,7. Salah satu penyebabnya adalah pada saat pelajaran berlangsung siswa kurang berkonsentrasi dan kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar- mengajar. Selama proses pembelajaran hanya 20 siswa atau hanya 59% siswa yang aktif dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di SMPK Santo Stanislaus 2 dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi keaktifan siswa, observasi keterlaksanaan RPP, lembar observasi keterampilan proses sains dan tes evaluasi hasil belajar. Indikator keberhasilan ditetapkan sebagai berikut: minimal 75% siswa mencapai SKM; minimal nilai rata-rata kelas 75; keaktifan siswa di kelas tidak kurang dari 80%; keterampilan proses sains siswa minimal mencapai 75% dan implementasi keterlaksanaan RPP tidak kurang dari 80%. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I rata-rata kelas adalah 70.0, ketuntasan mencapai SKM 67%; keaktifan siswa 73%; prosentase keterlaksanaan RPP sebesar 72% dan prosentase keterampilan proses sains siswa sebesar 79% sedangkan pada akhir siklus II rata-rata kelas menjadi 77,1, ketuntasan mencapai SKM 79%,keaktifan siswa menjadi 82%, prosentase keterlaksanaan RPP sebesar 95% dan prosentase keterampilan proses sains siswa sebesar 91%. Dengan mengacu pada indikator yang telah ditetapkan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan kalor dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIB SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian tindakan kelas, pembelajaran inkuiri terbimbing, keaktifan, prestasi belajar, kalor |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Operator 2 Student Staff |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 05:06 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 05:06 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4065 |
Actions (login required)
View Item |