Pengembangan perangkat pembelajaran model guided discovery learning berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan fluida statis di SMAK Frateran Surabaya

Seran, Natalia Erlyani (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran model guided discovery learning berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan fluida statis di SMAK Frateran Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan besar dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut menggugah sebagian guru untuk merancang pembelajaran yang lebih terarah pada penguasaan konsep Fisika. Secara umum dalam proses pembelajaran di kelas guru seringkali tidak mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesungguhnya, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tercapai secara maksimal. Untuk menunjang pembelajaran yang baik, maka guru perlu merancang perangkat pembelajaran agar tergambar dengan jelas muatan yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga terjadi perubahan kompetensi pada diri peserta didik terhadap materi yang diberikan. Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan guru menjalankan peran sebagai fasilitator. Dengan demikian, guru perlu memperluas pengetahuan dan penalaran siswa melalui kegiatan menemukan sendiri hal-hal baru secara mandiri dalam bentuk pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Guided Discovery Learning berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Fluida Statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Kegiatan Siswa untuk Guru dan Rencana Evaluasi disertai alat bantu berupa media berbasis komputer. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dengan hasil baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 38 siswa kelas X MIA 5 SMAK Frateran Surabaya dengan hasil baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini telah terlaksana dengan baik karena dalam proses pembelajaran seluruh aspek dalam RPP terlaksana dengan sangat baik, N-Gain berkategori tinggi yaitu 0,71 serta 76% siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, guided discovery learning, fluida statis, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:12
Last Modified: 18 Jan 2016 05:12
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item