Hubungan kecanduan game online dengan keaktifan belajar anak usia sekolah

Farneubun, Juliana (2024) Hubungan kecanduan game online dengan keaktifan belajar anak usia sekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
NEW ABSTRAK JULIANA.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
NEW BAB 7 JULIANA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan bermain game online adalah bermain game dalam suatu jaringan dengan aturan tertentu sehingga ada yang kalah ada yang menang dan dapat dimainkan di lokasi yang berbeda antar pemain. Bermain game online dalam waktu berlebihan yang bisa berdampak buruk bagi penggunanya terutama pada keaktifan belajar anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan kecanduan bermain game online dengan keaktifan belajar anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah kecanduan game online dan variabel dependen adalah keaktifan belajar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 responden di salah satu sekolah dasar di Surabaya dengan sampel berjumlah 35 responden anak usia 10-12 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Game Addiction Scale dan kuesioner Keaktifan Belajar yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian terdapat 26 orang (74%) mengalami kecanduan game online kategori berat dan terdapat 25 orang (72%) mengalami keaktifan belajar rendah. Hasil uji rank spearman adalah p=0,02<α (α= 0,05) dan r= 0,514 yang artinya ada hubungan antara kecanduan game online dengan keaktifan belajar pada anak yang bersifat searah, dimana semakin berat kecanduan game online maka semakin rendah keaktifan belajar anak usia sekolah. Kecanduan game online dapat membuat keaktifan anak menjadi menurun hal ini dikarenakan ada beberapa faktor seperti keinginan sendiri dan penggunaan handphone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Juwita, Linda
NIDN0701088701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Astarini, Made Indra Ayu
NIDN0714078805
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecanduan game online, keaktifan belajar, anak.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Juliana Farneubun
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:08
Last Modified: 31 Jul 2024 07:08
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item View Item