Farneubun, Juliana (2024) Hubungan kecanduan game online dengan keaktifan belajar anak usia sekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
NEW ABSTRAK JULIANA.pdf Download (774kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
NEW BAB 7 JULIANA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kecanduan bermain game online adalah bermain game dalam suatu jaringan dengan aturan tertentu sehingga ada yang kalah ada yang menang dan dapat dimainkan di lokasi yang berbeda antar pemain. Bermain game online dalam waktu berlebihan yang bisa berdampak buruk bagi penggunanya terutama pada keaktifan belajar anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan kecanduan bermain game online dengan keaktifan belajar anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah kecanduan game online dan variabel dependen adalah keaktifan belajar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 responden di salah satu sekolah dasar di Surabaya dengan sampel berjumlah 35 responden anak usia 10-12 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Game Addiction Scale dan kuesioner Keaktifan Belajar yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian terdapat 26 orang (74%) mengalami kecanduan game online kategori berat dan terdapat 25 orang (72%) mengalami keaktifan belajar rendah. Hasil uji rank spearman adalah p=0,02<α (α= 0,05) dan r= 0,514 yang artinya ada hubungan antara kecanduan game online dengan keaktifan belajar pada anak yang bersifat searah, dimana semakin berat kecanduan game online maka semakin rendah keaktifan belajar anak usia sekolah. Kecanduan game online dapat membuat keaktifan anak menjadi menurun hal ini dikarenakan ada beberapa faktor seperti keinginan sendiri dan penggunaan handphone.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Keperawatan |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Juwita, Linda NIDN0701088701 UNSPECIFIED Thesis advisor Astarini, Made Indra Ayu NIDN0714078805 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Kecanduan game online, keaktifan belajar, anak. |
Subjects: | Nursing Science |
Divisions: | Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program |
Depositing User: | Juliana Farneubun |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:08 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:08 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40616 |
Actions (login required)
View Item |