Niut, Marlinda (2024) Efektivitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi perasaan takut anak pada mata pelajaran matematika. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (867kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (312kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelajaran matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan, dirasakan sulit oleh siswa, dan banyak menggunakan rumus. Sehingga menimbulkan permasalahan bagi siswa, yaitu rasa takut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi perasaan takut pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan rancangan penelitian quasi-eksperimen dengan One Group Pre-test (penilaian awal) Post-test (penilaian akhir) Design, yaitu untuk mengetahui apakah ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan teknik konseling kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP St. Bernardus Madiun tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian adalah 5 siswa kelas VIII SMP St. Bernardus Madiun yang teridentifikasi memiliki perilaku perasaan takut yang tinggi. Sedangkan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat penurunan perasaan takut siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy dengan diperoleh (df) 4 kemudian dibandingkan dengan t tabel 0,05 = 0,411, maka t hitung ≥ t tabel (5.256 ≥ 0, 411) dan nilai rata-rata pre-test lebih besar daripada post-test (107.0 ≥ 95.2). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif untuk mengatasi perasaan takut anak pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP St. Bernardus Madiun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Bimbingan Dan Konseling |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Widodo, Bernardus NIDN0715086502 bernardus.widodo@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Perasaan takut, rational emotive behavior therapy, konseling kelompok |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program |
Depositing User: | Users 13863 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40466 |
Actions (login required)
View Item |