Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya.

Herwinarso, Herwinarso (2014) Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya. Magister Scientiae, 36. pp. 123-131. ISSN e-ISSN 2622-7959, p-ISSN 0852-078X

[thumbnail of Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya.] Text (Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya.)
13-Pembuatan_modul_eksperimen_TDK.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya.] Text (Pembuatan Modul Eksperimen Sains Bilingual Untuk Siswa Sekolah Dasar Pokok Bahasan Udara, Listrik, Energi dan Perubahannya.)
13-Pembuatan_modul_eksperimen_TDK_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sains dan teknologi merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan teknologi dikarenakan perkembangan sains, dan beberapa perkembangan sains diperlukan teknologi. Maka sains perlu dikenalkan sejak dini, yaitu sejak anak duduk di sekolah dasar (SD). Mengingat pada kurikulum 2013 sistem pembelajaran berpusat pada peserta didik dan diharapkan siswa diarahkan agar dapat menemukan sendiri. Dengan demikian pada pembelajaran sains diperlukan media eksperimen, dan apabila media eksperimennya telah tersedia maka masih belum cukup bila tidak disertakan dengan modul pembelajarannya. Dan mengantisipasi kebutuhan penguasaan bahasa Inggris, dirasa perlu untuk menyertakan bahasa Inggris dalam membuat modul media pembelajaran sains. Hasil modul eksperimen yang dibuat telah diujicobakan ke SD Dapena Surabaya, SDK Stellamaris Surabaya dan SD Kristen Kanaan Banjarmasin. Hasil uji coba secara umum mengatakan bahwa Modul eksperimen ini dapat diterima dengan baik oleh Siswa maupun oleh Guru SD. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah pernyataan dari Siswa, karena yang akan bersentuhan secara langsung dan berkepentingan sangat besar akan modul eksperimen ini adalah Siswa. 6% hingga 16% siswa menyatakan bahwa modul eksperimen yang telah dibuat adalah kurang baik. Untuk itu pada perbaikan modul eksperimen mendatang perlu mencermati penyataan siswa tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: modul eksperimen, bilingual, udara, listrik, perubahan energi
Subjects: Physic Education
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:49
Last Modified: 12 Aug 2024 08:58
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40338

Actions (login required)

View Item View Item