Santosa, Laura Rheema (2015) Iklim komunikasi organisasi dan kepuasan komunikasi organisasi(Studi korelasi antara iklim komunikasi organisasi dan kepuasan komunikasi organisasi di Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (656kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (164kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (119kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
Abstract
Iklim komunikasi organisasi dalam penelitian ini akan dikaitkan dengan kepuasan komunikasi organisasi seperti yang telah dinyatakan oleh Litwin dan Stringer juga Pritchard dan Karasick dalam Pace dan Faules (2001: 162) bahwa iklim, seperti yang dinyatakan oleh beberapa orang, tampaknya merupakan fungsi dari bagaimana kepuasan anggota terhadap komunikasi dalam organisasi. Jadi iklim komunikasi di suatu organisasi mencerminkan bagaimana kepuasan komunikasi di organisasi tersebut. Dapat dikatakan bahwa kepuasan komunikasi organisasi ini berguna untuk iklim komunikasi organisasi dan juga sebaliknya. Pernyataan ini didukung oleh Muhammad (2009: 87) yang menyatakan bahwa Iklim komunikasi jelas di pengaruhi oleh persepsi bagaimana baiknya aktifitas komunikasi dari suatu organisasi memuaskan tuntutan pribadi. Muhammad (2009: 87) juga mengatakan bahwa konsep kepuasan memperkaya ide iklim komunikasi. Iklim mencakup kepuasan anggota organisasi terhadap informasi yang tersedia. Pace dan Faules (2001: 147) menyatakan bahwa frase iklim komunikasi organisasi menggambarkan suatu kiasan bagi iklim fisik. Sama seperti cuaca membentuk iklim fisik untuk suatu kawasan, cara orang bereaksi terhadap aspek organisasi menciptakan suatu iklim komunikasi. iklim komunikasi meliputi persepsi-persepsi mengenai pesan dan peristiwa yang berhubungan dengan pesan yang terjadi dalam organisasi (Pace dan Faules, 2001: 147). Enam indikator iklim komunikasi organisasi yang diungkapkan oleh Pace dan Faules (2001: 159) yaitu, kepercayaan, pembuatan keputusan partisipatif, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Indikator tersebut akan membantu xxi mengukur iklim komunikasi organisasi. Indikator inilah yang digunakan peneliti untuk mengukur iklim komunikasi organisasi di Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS). Adanya ulasan diatas dapat berpengaruh pada faktor-faktor kepuasan komunikasi organisasi. Redding dalam Muhammad (2009: 87) mengungkapkan bahwa kepuasan komunikasi adalah semua tingkat kepuasan seorang karyawan mempersepsi lingkungan komunikasi secara keseluruhan. Kepuasan dalam hal ini menunjukkan bagaimana baiknya informasi yang tersedia memenuhi persyaratan permintaan anggota organisasi akan tuntutan bagi informasi, dari siapa datangnya, cara disebarluaskan, bagaimana diterima, diproses dan apa respons orang yang menerima. Sedangkan Wiio, Down, Hazen dan Beckstorm dalam Muhammad (2009: 88) mengungkapkan indikator kepuasan komunikasi organisasi yaitu kepuasan dengan pekerjaan, kepuasan dengan ketepatan informasi, kepuasan dengan kemampuan seseorang yang menyarankan penyempurnaan, kepuasan dengan efisiensi bermacam-macam saluran komunikasi, kepuasan dengan kualitas media, kepuasan dengan cara komunikasi teman sekerja, kepuasan dengan keterlibatan dalam komunikasi organisasi sebagai suatu kesatuan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan di KBS terkait beberapa indikator kepuasan komunikasi organisasi. Demikian hasil dari penelitian ini bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki hubungan yang cukup berarti dengan kepuasan komunikasi organisasi di KBS. Koofisien korelasi yang didapatkan yaitu 0,644. selain itu juga Iklim komunikasi organisasi di KBS adalah tinggi. Sedangkan, kepuasan komunikasi organisasi di KBS adalah rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Iklim komunikasi organisasi, kepuasan komunikasi organisasi dan Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya. |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Operator Teknis |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 03:29 |
Last Modified: | 16 Mar 2016 08:18 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4025 |
Actions (login required)
View Item |