Pengembangan buku cerita anak berbasis sosio-budaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik SD se-Kota Madiun

Yustisiana, Rr. Arielia and Wijayanti, Wenny (2024) Pengembangan buku cerita anak berbasis sosio-budaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik SD se-Kota Madiun. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Communication Science, Madiun. (Unpublished)

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN] Text (ISI LAPORAN)
ISIAN LAPORAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Literasi masih menjadi topik yang menggema di dunia terutama dalam lingkup pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan program tersebut salah satunya melalui Gerakan Literasi Sekolah. Untuk mendukung program tersebut, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan motivasi berliterasi anak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan buku cerita yang menarik minat siswa. Selain untuk meningkatkan minat baca, buku cerita bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan karakter. Melalui cerita yang disajikan, siswa bisa belajar yang yang konkret yang dialami. Selama ini, buku yang disajikan belum banyak yang memuat nilai-nilai yang dapat dipetik siswa, sehingga perlu adanya pengembangan buku cerita bagi anak yang berbasis sosio budaya Upaya pemertahanan budaya lokal dan sosial dibangun diwujudkan dalam Profil Pelajar Pancasila. Pengembangan nilai profil pelajar pancasila harus dimulai dari anak usia dini. Hal ini bertujuan agar tertanamnya nilai-nilai dan konsep dasar profil pelajar pancasila pada siswa sekolah dasar, sehingga siswa dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mewujudkan sikap berkebhinekaan global dan gotong royong yang merupakan bagian dari pemertahanan budaya lokal dan sosial. Selain itu, buku cerita anak dirasa efektif digunakan untuk mengajarkan muatan-muatan pembelajaran yang ada kepada siswa. Belajar menggunakan buku cerita anak juga lebih sesuai dengan karakteristik anak usia SD yang berada dalam tahap operasional konkret. Dalam cerita, siswa akan berhadapan dengan suatu kisah yang dapat dihubungkan langsung dengan kehidupan atau pengalamannya di dunia nyata. Nilai-nilai dan materi pembelajaran dapat diungkap dengan memanfaatkan lakon, latar, atau jalan cerita yang ada di dalamnya. Dengan adanya penelitian pengembangan buku cerita ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan literasi dan karakter siswa. Mengembangkan buku cerita yang bermuatan sosio-budaya merupakan tujuan dari penelitian ini, sehingga hasil penelitian ini dikemas dalam bentuk buku cerita yang dapat digunakan oleh sekolah-sekolah. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Bahasa Inggris
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Research team head
Yustisiana, Rr. Arielia
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Research team member
Wijayanti, Wenny
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku cerita, sosio-budaya, profil pelajar pancasila
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Divisions: Faculty of Literature > PSDKU - English Literature Study Program
Depositing User: Arielia Yustisiana
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:32
Last Modified: 15 Feb 2024 02:32
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39031

Actions (login required)

View Item View Item