Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di SMPN 13 Madiun

Azzahra, Allisya Hanita (2024) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di SMPN 13 Madiun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di SMPN 13 Madiun. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai dan mengontrol emosi pada diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu pre- experimental design dengan bentuk one-group pretest post-test design yang merupakan bentuk penelitian dengan memberikan pretest terlebih dahulu sebelum diberikan perlakuan. Populasi diambil dari siswa kelas VIII sejumlah 78 siswa, sedangkan sampel berasal dari siswa kelas VIII berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dimana peneliti mengambil pertimbangan berdasarkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan angket berbentuk skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji Normalitas dan uji Paired Sample T-test sehingga didapatkan hasil nilai signifikansi dalam uji Normalitas adalah 0,200 > 0,05 sehingga dinyatakan berdistribusi normal dan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) dalam uji paired sample T-test 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai signifikansi hitung diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Bimbingan Dan Konseling
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susilaningsih, Chaterina Yeni
NIDN0713046902
cyenisusilaningsih@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, kecerdasan emosional siswa
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program
Depositing User: Users 13785 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:01
Last Modified: 26 Mar 2024 08:01
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38792

Actions (login required)

View Item View Item