Lilyana, Maria Theresia Arie (2022) Terapi Komplementer Pada Asma: Literature Review (Complementary Therapy In Asthma: Literature Review). Terapi Komplementer Pada Asma: Literature Review (Complementary Therapy In Asthma: Literature Review), 10 (1). pp. 1-7. ISSN eISSN: 2614-4352 pISSN: 2338-624X
Text (Terapi Komplementer Pada Asma: Literature Review (Complementary Therapy In Asthma: Literature Review))
12-Terapi_komplementer_.pdf Download (222kB) |
|
Text (Terapi Komplementer Pada Asma: Literature Review (Complementary Therapy In Asthma: Literature Review))
12-Terapi_komplementer_hasil cek similarity.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendahuluan: Asma bronkiale merupakan penyempitan bronkus bersifat reversible akibat hiperaktifitas bronkus. Serangan asma berulang dengan derajat ringan maupun berat ternyata berdampak negatif bagi penderitanya dan menjadi penyebab kematian. Terapi rutin yang diberikan saat eksaserbasi asma diharapkan mampu mencegah keparahan saat serangan asam terjadi. Terapi komplementer yang ada saat ini diharapkan mampu memberikan dampak positif saat serangan asma terjadi. Metode: penulisan artikel ini menggunakan metode literatur review untuk mencari terapi komplementer yang dapat diberikan pada pasien asma. Hasil: Pengobatan tradisional timur menyatakan bahwa serangan asma terjadi akibat kelemahan dari meridian paru, Pembahasan: kelemahan yang terjadi pada meridian paru dapat diperbaiki dengan meningkatkan Qi (energi) melalui herbal, menguatkan meridian paru menggunakan akupunktur. Kesimpulan: Terapi komplementer dapat diterapkan secara tepat dan hati-hati setelah kita mampu menegakkan diagnosis berdasar pengobatan TCM tentang eksesif atau defensif meridian paru-paru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asma, eksaserbasi, terapi komplementer. |
Subjects: | Nursing Science |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 04:24 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36802 |
Actions (login required)
View Item |