Hareva, Glorry Claudya (2015) Beyond the expectation : penyesuaian diri anak autis di lingkungan sekolah inklusi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (65kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang banyak terjadi belakangan ini adalah dimana anak memperlihatkan masalah perkembangan sejak usia dini yang salah satunya adalah gangguan perkembangan pervasif atau autisme. Ketika anak sudah mulai memasuki usia sekolah, dukungan tersebut lebih diperlukan karena pada tahap usia mereka akan menjalankan suatu perkembangan yang baru. Diperlukan penyesuaian diri terhadap tugas perkembangan yang baru tersebut. Setiap anak membutuhkan sekolah agar kemampuan yang dimilikinya dapat berkembang dan selama anak berada di sekolah anak membutuhkan penyesuaian diri untuk dapat melakukan interaksi dengan teman-temannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Kasus dalam penelitian ini berjumlah satu orang yang bersekolah di sekolah inklusi, namum dikarenakan anak memiliki keterbatasan sehingga penelitian ini menggunakan tiga informan sebagai orang terdekat dan mengetahui keseharian anak yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah semi-structured interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama anak berada di dalam sekolah untuk menyesuaikan diri dengan teman-temannya anak dapat melakukannya. Seiring berjalannya waktu anak mulai bisa untuk menyesuaikan diri dengan teman-temannya. Ada enam aspek yang mempengaruhi atau membantu anak untuk melakukan penyesuaian diri, yaitu faktor yang membantu, faktor yang menghambat, dukungan sosial yang didapat anak, agresi yang dilakukan, perbedaan pola asuh yang diterima anak dan diagnosis anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Autis, sekolah inklusi, penyesuaian diri |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 02:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 02:37 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3645 |
Actions (login required)
View Item |