Analisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan field independent dan field dependent pada siswa SMK Santo Bonaventura 1 Madiun

Qoharudin, Imam Maun (2023) Analisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan field independent dan field dependent pada siswa SMK Santo Bonaventura 1 Madiun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan soal transformasi geometri pada siswa SMK Santo Bonaventura 1 Madiun. Indikator koneksi matematis yang diamati adalah kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan matematika yang lain, menghubungkan konsep matematika dengan ilmu pengetahuan yang lain, dan menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XII di SMK Santo Bonaventura 1 Madiun. Teknik pengumpulan data berupa tes pengelompokan gaya kognitif yakni tes GEFT yang dikembangkan oleh witkin dkk kepada seluruh siswa, hasil tes GEFT selanjutnya dipilih dua subjek gaya kognitif field independent dan field dependent, selanjutnya tes soal koneksi matematis dan wawancara terkait pengerjaan tes soal koneksi untuk dilihat kemampuan koneksi matematisnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Siswa field independent memenuhi ketiga indikator koneksi matematis yakni kemampuan siswa dalam mengaitkan matematika dengan matematika lain, kemampuan siswa dalam mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari dan kemampuan siswa dalam mengaitkan matematika dengan ilmu pengetahuan yang lain. (2) Siswa field dependent memenuhi satu indikator koneksi matematis yakni kemampuan siswa dalam mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, tidak memenuhi indikator koneksi matematis mengaitkan matematika dengan ilmu pengetahuan yang lain. Namun terdapat siswa field dependent yang memenuhi indikator koneksi matematis mengaitkan matematika dengan matematika lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Metematika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santoso, F. Gatot Iman
NIDN0728047501
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematis, gaya kognitif, field independent, field dependent
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education Study Program
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: Users 12952 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:42
Last Modified: 20 Sep 2023 01:42
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35907

Actions (login required)

View Item View Item