Vinancy, Aprilly (2023) Pengaruh media funa board terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Skripsi Abstrak-Aprilly Vinancy.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Skripsi BAB 1-Aprilly Vinancy.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Skripsi BAB 2-Aprilly Vinancy.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Skripsi BAB 3 - Aprilly Vinancy.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Skripsi BAB 4-Aprilly Vinancy.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Skripsi BAB 5-Aprilly Vinancy.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Skripsi LAMPIRAN-Aprilly Vinancy.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Anak usia 5-6 tahun di TKK Taman Rini Surabaya belum mampu membaca. Membaca yang dimaksud ialah menyebutkan bunyi huruf, membaca suku kata, dan kata. Hal tersebut karena kurangnya media yang digunakan di dalam pembelajaran dikelas. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menstimulus kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun ialah media funa board. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh media funa board terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik samping jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 18 anak yang berusia 5-6 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data perhitungan pengaruh media funa board terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan uji normalitas dengan hasil signifikansi pretest ialah 0,001 dan posttest ialah 0,000 sehingga dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas dapat diketahui hasil signifikansi ialah 0,000 yang dimana lebih besar dari signifikasi >0,05 sehingga data diatas dapat dikatan homogen. Pada uji T menunjukkan signifikasi 2-tailed 0.000 sedangkan nilai alfa (α) adalah 0.05, sehingga didapati bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media funa board memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKK Taman Rini Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Takumansang, Regina Christine NIDN0715058904 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Media funa board, kemampuan membaca, anak usia 5-6 tahun. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Aprilly Vinancy |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:24 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |