Willianti, Bernadette Adinda Adel Dwi (2022) Studi kasus kemampuan bercerita melalui kegiatan mewarnai anak kelompok a di TKK Indriasana IV Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
BAB VI_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Bernadette Adinda Adel.Dwi Willianti_1613017007.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bercerita melalui kegiatan mewarnai anak kelompok A di TKK Indriasana IV Surabaya. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TKK Indriasana IV yang berjumlah 7 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang akan diterapkan pada penelitian di TKK Indriasana IV adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Melalui penelitian kualitatif peneliti terlibat secara langsung bersama partisipan, peneliti melihat anak secara langsung dalam sehari-sehari anak di sekolah. Dalam proses penelitian ini metode yang mengkaji suatu fenomena sosial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan mewarnai dapat memberikan informasi-informasi baru kepada anak untuk membantu mengembangkan berbagai potensi dan mengembangkan kemampuan dalam menangkap informasi, sehingga dengan kegiatan mewarnai ini anak dapat memberikan informasi baru kepada orang lain menggunakan bahasa anak tersebut. Dalam hal ini guru dapat menggunakan kegiatan mewarnai sebagai langkah awal dalam membantu proses pembelajaran anak. Melalui mewarnai anak dapat berstimulasi dengan optimal menggunakan bahasa anak sendiri. Dari sinilah perkembangan anak dapat dilihat secara nyata dan berbeda-beda pada setiap individunya. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dengan kegiatan mewarnai, anak mampu meningkatkan kemampuannya dalam mengungkapkan bahasa dan bercerita. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi-informasi baru kepada anak dalam membantu mengembangkan berbagai pengetahuan dan kemampuan menangkap informasi, serta anak dapat memahami dan menyampaikan informasi baru tersebut kepada orang lain menggunakan bahasa anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Anggraini, Kristin NIDN0707097903 kristinanggraini@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan mewarnai, kemampuan bercerita, anak kelompok A. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Users 11991 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:47 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:47 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |