Analisis isi komparatif strategi promosi e-commerce Shopee dan Tokopedia melalui media sosial instagram

Subagyo, Precia Gabrielle Anne (2022) Analisis isi komparatif strategi promosi e-commerce Shopee dan Tokopedia melalui media sosial instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5_precia skripsi.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_precia skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana perbandingan strategi promosi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee dan Tokopedia di Instagram dengan melihat dari 4 indikator bauran pemasaran yaitu Produk, Harga, Orang, dan Promosi. Penelitian ini berfokus pada fenomena strategi promosi Shopee dan Tokopedia melalui Media Sosial Instagram. Fenomena ini diangkat karena adanya persaingan ditengah munculnya banyak e-commerce serta antusias masyarakat dalam berbelanja online terutama ditengah pandemi hal ini membuat masyarakat memiliki banyak pilihan e-commerce yang dapat memenuhi keinginannya. Maka dari itu, e-commerce harus dapat menjadikan produknya dapat menarik konsumen ditengah banyaknya e-commerce yang ditawarkan ke masyarakat dengan menggunakan strategi promosi. Analisis isi komparatif ini di pilih untuk mengetahui perbandingan gambaran strategi promosi yang dilakukan oleh kedua e-commerce. Objek dalam penelitian ini yaitu analisis isi komparatif strategi promosi. Subjek yang digunakan adalah media sosial Instagram Shopee dan Tokopedia yakni @shopee_id, @tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Penggunaan strategi promosi Shopee dan Tokopedia di Instagram disesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka yaitu Shopee menggunakan strategi promosi berupa keseluruhan kategori, sementara Tokopedia tidak menggunakan strategi promosi dari keseluruhan kategori. Tokopedia tidak memiliki unggahan terkait indikator price. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopee lebih intensif dan beragam dalam penggunaan strategi promosi dibandingkan kompetitornya Tokopedia. Tetapi sangat disayangkan keduanya tidak menampilkan tanggung jawab sosial perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, komparatif, strategi promosi, Shopee, Tokopedia
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 11774 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:26
Last Modified: 07 Jan 2023 17:23
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32838

Actions (login required)

View Item View Item