Subagyo, Precia Gabrielle Anne (2022) Analisis isi komparatif strategi promosi e-commerce Shopee dan Tokopedia melalui media sosial instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5_precia skripsi.pdf Download (128kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_precia skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini ingin melihat bagaimana perbandingan strategi promosi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee dan Tokopedia di Instagram dengan melihat dari 4 indikator bauran pemasaran yaitu Produk, Harga, Orang, dan Promosi. Penelitian ini berfokus pada fenomena strategi promosi Shopee dan Tokopedia melalui Media Sosial Instagram. Fenomena ini diangkat karena adanya persaingan ditengah munculnya banyak e-commerce serta antusias masyarakat dalam berbelanja online terutama ditengah pandemi hal ini membuat masyarakat memiliki banyak pilihan e-commerce yang dapat memenuhi keinginannya. Maka dari itu, e-commerce harus dapat menjadikan produknya dapat menarik konsumen ditengah banyaknya e-commerce yang ditawarkan ke masyarakat dengan menggunakan strategi promosi. Analisis isi komparatif ini di pilih untuk mengetahui perbandingan gambaran strategi promosi yang dilakukan oleh kedua e-commerce. Objek dalam penelitian ini yaitu analisis isi komparatif strategi promosi. Subjek yang digunakan adalah media sosial Instagram Shopee dan Tokopedia yakni @shopee_id, @tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Penggunaan strategi promosi Shopee dan Tokopedia di Instagram disesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka yaitu Shopee menggunakan strategi promosi berupa keseluruhan kategori, sementara Tokopedia tidak menggunakan strategi promosi dari keseluruhan kategori. Tokopedia tidak memiliki unggahan terkait indikator price. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopee lebih intensif dan beragam dalam penggunaan strategi promosi dibandingkan kompetitornya Tokopedia. Tetapi sangat disayangkan keduanya tidak menampilkan tanggung jawab sosial perusahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Purnama, Finsensius Yuli NIDN0719078401 UNSPECIFIED Thesis advisor Yuliastuti, Maria NIDN0707078607 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi, komparatif, strategi promosi, Shopee, Tokopedia |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 11774 not found. |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2023 17:23 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32838 |
Actions (login required)
View Item |