Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan

Saputra, Dani Agus (2022) Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar anak retardasi mental umumnya membutuhkan dukungan orang tua yang lebih intensif. Karakteristik utama anak retardasi mengalami kesulitan dalam menangkap materi dari guru, cenderung menyelesaikan tugas dengan tergesa akibat mudah merasa jenuh, sehingga hubungan keluarga yang harmonis dapat menciptakan suasana menyenangkan pada motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan menjelaskan ada hubungan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional Design, dengan dukungan orang tua sebagai variabel independent dan motivasi belajar sebagai variabel dependent. Populasi penelitian ini ialah orang tua dengan anak retardasi mental di SLB AKW KUMARA II Surabaya yang dipilih sesuai kriteria inklusi, dengan sampel berjumlah 30 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dukungan orang tua dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini ialah sebanyak 13 responden (43.3%) mendapatkan dukungan orang tua tinggi dengan motivasi belajar tinggi. Uji statistik Rank Spearman, mendapatkan nilai p = 0,002 dengan nilai ρ (rho) = 0,543 yang berarti ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan. Dukungan emosional berupa rasa peduli, pemberian pujian ketika mencapai keberhasilan serta memberi arahan tanpa menghakimi anak menjadi fasilitas dasar dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kholifah, Siti Nur
0
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Pae, Kristina
NIDN0727108604
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dukungan orang tua, motivasi belajar, retardasi mental.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 11545 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:34
Last Modified: 11 Jan 2024 08:34
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32152

Actions (login required)

View Item View Item