Lorenza, Dina (2022) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid–19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Chatholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK 2.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
DINA_BAB 7.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penularan virus corona terjadi begitu cepat, pemerintah mengambil tindakan pembatasan sosial berskala besar, salah satunya proses pembelajaran secara daring. Perubahan proses pembelajaran memengaruhi motivasi belajar yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa yang berdampak terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian: mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini: desain korelasional dengan pendekatan cross sectional, dengan motivasi belajar sebagai variabel independent dan hasil belajar sebagai variabel dependent. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang mendapatkan sejumlah 35 siswa kelas V SD Negeri Krembangan Selatan I Surabaya. Dengan kriteria inklusi peneliti. Instrumen: kuesioner motivasi belajar untuk hasil belajar diambil dari nilai rata-rata raport semester satu. Penelitian ini: uji statistik Rank Spearman dengan nilai p=0,022 dan koefisien korelasi 0,387* yang berarti tingkat kekuatan hubungan antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar lemah dan searah, semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi hasil belajar. Motivasi belajar dan hasil belajar dalam penelitian ini dipengaruhi oleh Pekerjaan orang tua membuat lebih banyak waktu untuk mendampingi anak belajar di rumah, jumlah anak mempengaruhi situasi belajar yang kondusif, bimbingan belajar meningkatkan frekuensi belajar dan memahami materi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Keperawatan |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Juwita, Linda NIDN0701088701 lindajuwita@ukwms.ac.id Thesis advisor Lilyana, M.T Arie NIDN073009502 arie@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Nursing Science |
Divisions: | Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program |
Depositing User: | Users 11504 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:19 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:19 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31635 |
Actions (login required)
View Item |