Sitorus, Pandaraman Br (2022) Studi deskriptif stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi yang mengalami perkuliahan dalam jaringan (daring). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Skripsi Pandaraman_Abstrak.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Skripsi Pandaraman Bab I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Skripsi Pandaraman Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Skripsi Pandaraman Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Skripsi Pandaraman Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Skripsi Pandaraman Bab V.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Skripsi Pandaraman Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada situasi pandemi Covid-19 pembelajaran daring menjadi salah satu solusi untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar. Sistem pembelajaran daring berlaku pada setiap jenjang pendidikan termasuk pada perguruan tinggi. Sistem pembelajaran secara daring menjadi beban baru khususnya bagi mahasiswa yang dapat menyebabkan stres akademik. Stres akademik merupakan respon individu yang bersifat negatif yang disertai dengan perubahan emosi, fisiologis, kognitif, dan perubahan perilaku untuk beradaptasi terhadap suatu tekanan yang bersifat akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres akademik yang dialami mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2021 yang melaksanakan kuliah daring di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Pengambilan data dilakukan dengan metode incidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah metode studi deksriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2021 yang mengalami perkuliahan daring mengalami stress akademik terbanyak pada kategori sedang yaitu 33 partisipan (54,1%). Tidak terdapat partisipan yang mengalami stres dalam kategori sangat tinggi, namun terdapat 6 partisipan yang mengalami stres dalam kategori tinggi (9,8%), 18 partisipan mengalami stres dalam kategori rendah (29,5%), 4 partisipan mengalami stres dalam kategori sangat rendah (6,6%). Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti beban tugas yang berlebih, kendala pada jaringan saat proses belajar, dan kesulitan memahami materi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Prasetyo, Eli NIDN0726068203 eli@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | stres akademik, mahasiswa fakultas psikologi, perkuliahan dalam jaringan (daring) |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 11014 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 09:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 09:46 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |