Lusi, Maria Agustina (2022) Pengaruh penggunaan media kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
Abstract
Pengenalan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun sangat penting karena akan memberikan kemudahan pada anak dalam proses pendidikan selanjutnya terutama dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi, anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya ditemukan bahwa banyak anak yang belum mengenal lambang bilangan. Hal ini ditandai dengan anak belum mampu membilang, meniru tulisan, menghubungkan lambang bilangan dengan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan bentuk penelitian pre experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 12 anak di TKK Don Bosco Surabaya dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian dihitung menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20.0 untuk menganalisis uji N-Gain, uji hipotesis dan uji paired t-test. Hasil pengujian uji N-Gain untuk variabel penilaian menunjukkan angka 76.89 dengan demikian media kotak ajaib dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian uji N-Gain, media kotak ajaib termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Hasil uji paired t-test diketahui nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 sehingga kurang dari taraf signifikan (α) yaitu 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya perbedaan hasil kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya antara sebelum dan sesudah menggunakan media kotak ajaib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Takumansang, Regina Ch NIDN0715058904 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Media kotak ajaib dan kemampuan mengenal lambang bilangan. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Maria Agustina Lusi |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:16 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:38 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |