Ramadhani, Zelia Fiqy (2022) Hubungan antara persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada dunia pendidikan para siswa berlomba-loma untuk mencapai prestasi, setiap siswa memiliki tujuan pada pendidikannya. Cara mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan motivasi belajar. Para siswa seharusnya memiliki motivasi belajar yang tinggi agar dapat mencapai tujuannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ialah persepsi sense of humor terhadap guru, ketika mengajar di dalam kelas. Menurut Wahyuni (2017) guru yang memiliki sense of humor ketika sedang mengajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena humor dapat menjauhkan siswa dari suasana membosankan, situasi yang menjenuhkan dan mencegah lamunan dari siswa, serta humor dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta memudahkan siswa untuk menyerap dan mengingat informasi yang di dengar pada saat pembelajaran berlangsung karena terdapat perasaan senang, namun hal ini tidak terlepas dari persepsi siswa itu sendiri terhadap sense of humor guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar pada siswa SMA yang melibatkan 110 subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan skala sense of humor dan skala motivasi belajar. Hasil uji hipotesin Kendall’s Tau-b menunjukkan nilai r = 0,384 dengan nilai p = 0,00 (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA. Semakin tinggi persepsi sense of humor guru akan semakin tinggi juga motivasi belajar pada siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Susilo, Dicky NIDN0718067904 susilo_dicky@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | sense of humor guru, motivasi belajar, siswa SMA |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 10990 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 05:16 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 05:16 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |