Arntari, Gladysa Eta (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa SMPN 1 Madiun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 1 Madiun perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan Adversity Quotient karena banyaknya nilai yang belum memenuhi KKM. Adversity Quotient dapat mempengaruhi dalam proses pemecahan masalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa diukur menggunakan tahap-tahap Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Madiun pada siswa disetiap kategori Adversity Quotient yaitu Quitters,Campers, dan Climbers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMPN 1 Madiun dan dipilih 4 siswa dari kelas tersebut untuk mewakili kategori campers dan climbers. Pemilihan subjek tersebut didasari oleh hasil skor tertinggi dari setiap interval skor per kategori yang diperoleh dari pengerjaan instrumen angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Analisis tes kemampuan masalah matematika menggunakan pedoman empat tahap pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Aktivitas analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siswa kategori climbers siswa dapat melakukan semua tahapan Polya dan pada kategori clambers siswa mampu melakukan tiga tahapan Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan melaksanakan rencana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Metematika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Ariyanti, Gregoria NIDN0702017401 ariyantigregoria@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, kemampuan pemecahan masalah matematika, adversity quotient |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program |
Depositing User: | Users 10842 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:03 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29616 |
Actions (login required)
View Item |