Ozora, Vania (2021) AIRASIA VS LION AIR : analisis isi komparatif strategi promosi maskapai penerbangan Airasia dan Lion Air melalui media sosial Instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
01 ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana perbandingan strategi promosi yang dilakukan AirAsia dan Lion Air sebagai maskapai penerbangan Low-Cost Carrier (LCC) menggunakan 7 indikator bauran pemasaran meliputi Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik. Penelitian ini berfokus pada fenomena strategi promosi AirAsia dan Lion Air melalui Media Sosial Instagram. Fenomena ini diangkat karena adanya pandemi COVID-19 pada tahun 2020 yang membuat beragam maskapai penerbangan di Indonesia mengalami penurunan jumlah penumpang secara drastis dan bagaimana cara maskapai penerbangan untuk dapat kembali pulih serta melakukan penerbangan dengan normal. Analisis isi komparatif digunakan untuk mengetahui perbandingan gambaran strategi promosi yang dilakukan oleh AirAsia dan Lion Air. Objek dalam penelitian ini yaitu analisis isi komparatif strategi promosi. Subjek yang digunakan adalah media sosial Instagram AirAsia dan Lion Air yaitu @airasiasuperapp.id serta @lionairgroup. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Penelitian berfokus melihat bagaimana strategi promosi AirAsia dan Lion Air. Penggunaan strategi promosi AirAsia dan Lion Air di Instagram disesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka yaitu AirAsia menggunakan strategi promosi berupa keseluruhan kategori dan menonjolkan kategori Publicity dengan mengunggah beragam Information Stories. Sementara Lion Air tidak menggunakan keseluruhan kategori, tetapi cenderung menunjukkan kategori Publicity dengan mengunggah terkait Corporate Social Responsibility (CSR) mereka dan Information Stories. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa AirAsia lebih intensif dan beragam dalam penggunaan strategi promosi dibandingkan kompetitornya Lion Air.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Nugraheni, Yuli NIDN0630077303 yulinugraheni@ukwms.ac.id Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Strategi promosi, komparatif, AirAsia, Lion Air |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Vania Ozora |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 04:43 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 04:43 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |