Pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo

Sababalat, Asumpta Rasmawati (2021) Pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Asumpta Rasmawati_1613017013 (1) - Sumpta Rasma.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Asumpta Rasmawati_1613017013 (2) - Sumpta Rasma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui Pengaruh PermainanTebak Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilakukan di lembaga TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo. Kemampuan berpikir logis anak pada lembaga TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo belum berkembang secara optimal seperti yang diharapkan. Salah satu penyebab kurang berkembangnya kemampuan berpikir logis anak yaitu, pembelajaran yang dilakukan menunjukkan kurangnya kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran. Adapun ciri berpikir logis yaitu anak dapat mengklasifikasikan bentuk, ukuran, dan warna, anak mampu mengenal sebab akibat, anak dapat mengurutkan, mengelompokkan benda, dan mengenal benda yang ada di sekitarnya. Meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun peneliti melakukan kegiatan permainan tebak gambar melalui Microsoft Powerpoint. Permainan tebak gambar merupakan suatu cara dalam proses pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan minat belajar anak, sehingga dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan daya ingat anak. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design yaitu dengan One Group Pretest-Posttest sebagai desain penelitian. Adapun pola penelitian metode one group pretest- posttest design. Populasi yang peneliti gunakan berjumlah 27 anak dan menggunakan sampel di kelas A1 dan A2 sebanyak 17 anak yang dipilih secara acak. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari hasil uji N-Gain dan hasil penilaian menunjukkan angka 79,29. Penelitian ini ditunjukkan bahwa permainan tebak gambar dikategorikan efektif dan hasil uji paired T-Test dengan nilai signifikasi 2-tailed 0,000 < 0,05 yang artinya penelitian ini memiliki pengaruh terhadap meningkatkan kemampuan berpikir logis anak. hasil uji hipotesis penilitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya permainan tebak gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan tebak gambar, kemampuan berpikir logis anak.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:03
Last Modified: 01 Dec 2021 01:03
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26966

Actions (login required)

View Item View Item