Sababalat, Asumpta Rasmawati (2021) Pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
Abstrak_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf Download (773kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV_Asumpta Rasmawati_1613017013 - Sumpta Rasma.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V_Asumpta Rasmawati_1613017013 (1) - Sumpta Rasma.pdf Download (17kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Asumpta Rasmawati_1613017013 (2) - Sumpta Rasma.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui Pengaruh PermainanTebak Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilakukan di lembaga TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo. Kemampuan berpikir logis anak pada lembaga TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo belum berkembang secara optimal seperti yang diharapkan. Salah satu penyebab kurang berkembangnya kemampuan berpikir logis anak yaitu, pembelajaran yang dilakukan menunjukkan kurangnya kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran. Adapun ciri berpikir logis yaitu anak dapat mengklasifikasikan bentuk, ukuran, dan warna, anak mampu mengenal sebab akibat, anak dapat mengurutkan, mengelompokkan benda, dan mengenal benda yang ada di sekitarnya. Meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun peneliti melakukan kegiatan permainan tebak gambar melalui Microsoft Powerpoint. Permainan tebak gambar merupakan suatu cara dalam proses pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan minat belajar anak, sehingga dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan daya ingat anak. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design yaitu dengan One Group Pretest-Posttest sebagai desain penelitian. Adapun pola penelitian metode one group pretest- posttest design. Populasi yang peneliti gunakan berjumlah 27 anak dan menggunakan sampel di kelas A1 dan A2 sebanyak 17 anak yang dipilih secara acak. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari hasil uji N-Gain dan hasil penilaian menunjukkan angka 79,29. Penelitian ini ditunjukkan bahwa permainan tebak gambar dikategorikan efektif dan hasil uji paired T-Test dengan nilai signifikasi 2-tailed 0,000 < 0,05 yang artinya penelitian ini memiliki pengaruh terhadap meningkatkan kemampuan berpikir logis anak. hasil uji hipotesis penilitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya permainan tebak gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Anggraini, Kristin NIDN0707097903 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Permainan tebak gambar, kemampuan berpikir logis anak. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Ana Pancaringtias |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 01:03 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 01:03 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26966 |
Actions (login required)
View Item |