Pengaruh media pembelajaran plastisin terhadap kemampuan merangkai huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Ikhlas Beramal Surabaya

Omnik, Umrotul (2021) Pengaruh media pembelajaran plastisin terhadap kemampuan merangkai huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Ikhlas Beramal Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Umrotul Omnik - 1613017005 - Umrotul Omnik.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Umrotul Omnik - 1613017005 - Umrotul Omnik.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Umrotul Omnik - 163017005 - Umrotul Omnik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Umrotul Omnik - 1613017005 - Umrotul Omnik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Umrotul Omnik - 1613017005 - Umrotul Omnik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Umrotul Omnik - 163017005 - Umrotul Omnik.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Umrotul Omnik - 1613017005 - Umrotul Omnik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Plastisin terhadap Kemampuan Merangkai Huruf Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Ikhlas Beramal Surabaya. Metode dari penelitian yang digunakan yaitu Pre- Experimental dengan desain one- group pretest-postest design. Subjek penelitian berjumlah 17 anak yang berusia 5- 6 tahun di TPQ Ikhlas Beramal Surabaya yang mana memiliki hambatan seperti kesulitan dalam membedakan hubungan antar bunyi dengan bentuk huruf Hijaiyah yang hampir sama, mengenali tanda baca huruf Hijaiyah maupun menggabungkan atau menyusun huruf Hijaiyahmenjadi kata yang tepat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang peroleh kemudian dianalisa menggunakan perhitungan rata-rata skor, uji n-gain serta uji-t satu sampel. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat 14 anak berada di kategori tinggi dan 3 anak berada dikategori sedang. Sementara itu, pehitungan dari uji-t menunjukkan bahwa Thitung(12,666) > Ttabel (1,746), yang mana artinya Hoditolak dan Haditerima. Berdasarkan dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran plastisin memiliki pengaruh terhadap kemampuan merangkai huruf Hijaiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anita Roslina, Simanjuntak
NIDN0701089301
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran plastisin, merangkai huruf hijaiyah, anak usia 5- 6 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 01 Dec 2021 00:21
Last Modified: 01 Dec 2021 00:53
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item