Octavia, Shanice Priscilla (2021) Manajemen komunikasi kelompok pelaku reklamasi Kenjeran (Studi fenomenologi terhadap reklamasi pesisir pantai di Kel. Sukolilo, Kec. Bulak, Kenjeran). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Shanice Priscilla.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1 - Shanice Priscilla.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II - Shanice Priscilla.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III - Shanice Priscilla.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV - Shanice Priscilla.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V - Shanice Priscilla.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Shanice Priscilla.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
Abstract
Aktivitas reklamasi yang dilakukan oleh warga Sukolilo Baru merupakan bentuk solusi yang diambil atas keterbatasan lahan dan kemiskinan yang telah lama menjadi polemik. Walaupun tersandung masalah legalitas, pemaknaan para pelaku reklamasi dapat memberikan perspektif yang baru terkait fenomena ini. Penelitian ini akan membahas mengenai manajemen komunikasi para pelaku reklamasi di Sukolilo Baru, tepatnya di RW 02, Kel. Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berjenis penelitan deksriptif, dan diteliti dengan metode penelitian fenomenologi. Peneliti menggunakan teori boneka Matouschka Rusia milik Michael Kaye. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan para informan agar dapat mengetahui perspektif pelaku reklamasi terkait pengalaman intersubyektifnya. Pengumpulan data juga ditunjang oleh peneliti dengan observasi langsung untuk melihat keadaan sebenarnya di lapangan. Peneliti menemukan bahwa: lapisan The Self – Sukolilo merupakan pusat kehidupan mereka, sehingga para penduduk asli berhak atas kekayaan alam serta peluang kampungnya; lapisan Interpersonal – penggunaan bahasa memiliki peran yang penting dalam membentuk pemaknaan individu; lapisan People-in-System – opinion leader berperan sebagai change agent yang menyadari keberadaan ancaman (shadow side) terkait reklamasi; lapisan Competence – terdapat perbedaan dalam surface level dan deeper level pelaku reklamasi yang merupakan opinion leader dengan pelaku reklamasi yang merupakan warga biasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED Thesis advisor Akhsaniyah, Akhsaniyah NIDN0702087602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Komunikasi, Pengalaman, Reklamasi, Fenomenologi, Pemaknaan |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 04:06 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 04:06 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |