Djokowidodo, Agustinus and Dani, Robik Anwar (2020) Psikopragmatik Dalam Tuturan Wacana Iklan: Tinjauan tentang Pengaruh Psikologis terhadap Tindak Tutur Siswa SMA di Kota Madiun. Psikopragmatik Dalam Tuturan Wacana Iklan: Tinjauan tentang Pengaruh Psikologis terhadap Tindak Tutur Siswa SMA di Kota Madiun, 9 (3). pp. 151-157. ISSN p-ISSN : 2252-6315, e-ISSN : 2685-9599, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3
Text (Psikopragmatik Dalam Tuturan Wacana Iklan: Tinjauan tentang Pengaruh Psikologis terhadap Tindak Tutur Siswa SMA di Kota Madiun)
Psikopragmatik_dalam_tuturan.pdf Download (224kB) |
|
Text (Psikopragmatik Dalam Tuturan Wacana Iklan: Tinjauan tentang Pengaruh Psikologis terhadap Tindak Tutur Siswa SMA di Kota Madiun)
Psikopragmatik_dalam_tuturan_R1&2.pdf Download (1MB) |
|
Text (Hasil cek similarity)
Psikopragmatik_dalam_tuturan_turnitin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tuturan dalam wacana iklan berdampak psikologis terhadap konsumen dan atau calon konsumen, sehingga yang diharapkan oleh produsen bahwa konsumen atau calon konsumen tertarik dan membeli produk yang diiklankan tersebut. Namun demikian tidak hanya mempengaruhi ketertarikan calon konsumen atau konsumen melainkan tuturan dalam iklan dapat juga mempengaruhi bentuk tindak tutur para pengguna suatu produk, terutama siswa SMA Secara teoretis tujuan yang hendak dicapai penulis dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang psikopragmatik dalam wacana dan tuturan iklan yang berdampak psikologis bagi siswa SMA di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan open questioner sebagai alat pengumpul data. Analisis data menggunakan teknik referensial dengan pendekatan distinction theory approach dan disajikan dengan teknik penyajian deskriptif. Dari data yang diperoleh, sebanyak 52,8% menunjukkan bahwa kata-kata dalam iklan yang disaksikan ditirukan atau digumamkan siswa dalam tindak komunikasi. Jika dipilah lebih detil, kata-kata dalam iklan lebih banyak berpengaruh pada siswa perempuan (66,7%) dibandingkan siswa laki-laki (33,3%). Berdasarkan analisis tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa kata-kata dalam wacana iklan cukup berpengaruh pada kondisi psikologis siswa dalam bertindak tutur. Manfaat dalam penelitian ini yaitu untuk menambah dan memperkaya wawasan dalam bidang pragmatik, terutama psikopragmatik; untuk menambah dan memperkaya wawasan dalam penerapan psikopragmatik pembelajaran berbahasa
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi; tuturan; tuturan iklan; dampak psikologis; psikopragmatik |
Subjects: | Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 07:14 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:48 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25963 |
Actions (login required)
View Item |