Taelagat, Rencia Renty (2021) Studi kasus penerapan media pembelajaran dalam pengenalan angka selama pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di TK Santa Theresia Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
Abstrak_Rencia.pdf Download (974kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I_Rencia.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II_Rencia.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III_Rencia.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV_Rencia.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V_Rencia.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB VI_Rencia.pdf Download (374kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Rencia.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran pengenalan angka selama pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di TKK Santa Theresia Surabaya. Anak usia dini yang merupakan anak yang berada pada usia emas (golden ege) perlu untuk di berikan stimulus yang tepat. Untuk itu orang tua maupun guru perlu memperhatikan setiap stimulus yang diberikan supaya perkembangan kemampuan anak dapat optimal. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu perkembangan anak terutama penerapan media pembelajaran pengenalan angka harus dilakukan dengan menggunakan media agar kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun dapat berkembang secara optimal. Media pembelajaran dalam pengenalan angka adalah alat yang digunakan baik oleh penddidik maupun peserta didik untuk membantu anak memperoleh pengetahuan terutama pengenalan angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan melalui media zoom dan melalui video pembelajaran. Teknik wawancara dilakukan secara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara, teknik dokumentasi diperoleh melalui RPPH dengan analisis data yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran pengenalan angka belum sesuai dengan tahap usia anak serta media yang digunakan lebih banyak menggunakan media terdekat anak yaitu jari dan bukan media yang dibuat oleh guru sendiri. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih banyak dalam bentuk penugasan seperti menghitung gambar, menulis angka dan memberi nomor pada gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Dewi, Cresensia Dina C.K. NIDN0713058904 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan media pembelajaran pengenalan angka, kemampuan matematika. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Sri Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 00:46 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 00:47 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25783 |
Actions (login required)
View Item |