Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan cahaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa fisika

Samalei, Martinus Adit (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan cahaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa fisika. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing yang digunakan peserta didik dengan materi cahaya dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada Juli 2020. Subjek Penelitian terdiri atas 15 peserta didik mahasiswa fisika. Instrumen penelitian terdiri atas observasi kelas, RE dan angket respon peserta didik. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,96 dengan kategori “sangat baik”, LKPD memperoleh skor 3,15 dengan kategori “baik” dan Rencana Evaluasi memperoleh skor 3,19 dengan kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,59 dengan kategori “sedang” dan presentase respon peserta didik adalah 81,67% dengan kategori “Sangat positif”. Maka disimpulkan bahwa pengembangan LKPD pokok bahasan cahaya dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soegimin, Soegimin
NIDN130238773
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, inkuiri terbimbing , cahaya, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 9636 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:27
Last Modified: 03 Feb 2021 05:27
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item