Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan siswa tunagrahita kelas V semester 1 SDLB Paedagogia Maospati

Setiajiamin, Soleh (2020) Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan siswa tunagrahita kelas V semester 1 SDLB Paedagogia Maospati. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Sehubungan dengan undang undang no 20 tahun 2003 pendidikan nasional pasal 32 bahwa “ pendidikan khusus merupakan pelaksanaan proses pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran disebabkan karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat yang istimewa. Berdasarkan undang undang pendidikan yang sudah disebutkan diatas, menunjukkan bahwa pendidikan adalah hak semua anak. Menurut Ashman dalam Ashman & Elkins, ed., 1998 Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut anak dengan ganngguan keterbelakangan mental antara lain feeble mndedness (lemah pikiran), mental subnormality, cacat mental, defisit mental, dungu, bodoh, pandir. Dalam melakukan wawancara dengan guru, kemampuan memaca siswa tunagrahita sangat rendah. Maka dengan ini peneliti hendak membuat media video pembelajaran membaca untuk siswa tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang media pembelajaran video berbasis web untuk anak Tunagrahita di SLB Paedagogia Maospati. Serta Menghitung efektifitas media pembelajaran video berbasis web di SLB Paedagogia Maospati. Perancangan media video pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Media video pembelajaran diuji oleh ahli validitas isi/materi, desain media, dan pembelajaran. Angket dan nilai hasil validasi ahli dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan untuk menghitung efektifitas media video pembelajaran dilakukan dengan uji t.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Rekayasa Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Waloyo, L. Anang Setiyo
NIDN0713117202
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Windyaningrum, Theresia Liris
NIDN0729077801
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: tunagrahita, media pembelajaran, uji validitasi
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > PSDKU - Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9170 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:05
Last Modified: 16 Feb 2023 02:41
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item View Item