Setiajiamin, Soleh (2020) Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan siswa tunagrahita kelas V semester 1 SDLB Paedagogia Maospati. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Download (265kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Sehubungan dengan undang undang no 20 tahun 2003 pendidikan nasional pasal 32 bahwa “ pendidikan khusus merupakan pelaksanaan proses pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran disebabkan karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat yang istimewa. Berdasarkan undang undang pendidikan yang sudah disebutkan diatas, menunjukkan bahwa pendidikan adalah hak semua anak. Menurut Ashman dalam Ashman & Elkins, ed., 1998 Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut anak dengan ganngguan keterbelakangan mental antara lain feeble mndedness (lemah pikiran), mental subnormality, cacat mental, defisit mental, dungu, bodoh, pandir. Dalam melakukan wawancara dengan guru, kemampuan memaca siswa tunagrahita sangat rendah. Maka dengan ini peneliti hendak membuat media video pembelajaran membaca untuk siswa tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang media pembelajaran video berbasis web untuk anak Tunagrahita di SLB Paedagogia Maospati. Serta Menghitung efektifitas media pembelajaran video berbasis web di SLB Paedagogia Maospati. Perancangan media video pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Media video pembelajaran diuji oleh ahli validitas isi/materi, desain media, dan pembelajaran. Angket dan nilai hasil validasi ahli dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan untuk menghitung efektifitas media video pembelajaran dilakukan dengan uji t.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Rekayasa Industri |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Waloyo, L. Anang Setiyo NIDN0713117202 UNSPECIFIED Thesis advisor Windyaningrum, Theresia Liris NIDN0729077801 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | tunagrahita, media pembelajaran, uji validitasi |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > PSDKU - Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Users 9170 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 03:05 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:41 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24033 |
Actions (login required)
View Item |