Salelenggu, Novelia Rela (2021) Proses model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar matematika siswa SMP (suatu kajian teori). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (662kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar matematika siswa SMP. Kemandirian belajar matematika siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ditandai dengan indikator kemandirian belajar matematika siswa yaitu siswa memiliki rasa percaya diri, siswa memiliki inisiatif dalam belajar, siswa memiliki rasa tanggung jawab, mampu mengambil keputusan sendiri, serta siswa mampu untuk bersaing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dapat diperoleh dari berbagai sumber, baik buku, jurnal, ataupun penelitian-penelitian yang relevan yang pernah dilakukan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan mencari atau menggali data dari literature terkait. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis isi (content analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses model pembelajaran kontekstual dapat membentuk kemandirian belajar matematika siswa SMP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar matematika siswa SMP yang dapat ditimbulkan dalam proses model pembelajaran kontekstual, antara lain: percaya diri, inisiatif, rasa tanggung jawab, mampu mengambil keputusan sendiri, serta mampu bersaing. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa dengan siswa berani untuk bertanya kepada guru serta antusias dalam menyampaikan pendapat saat belajar. Munculnya inisiatif siswa melalui siswa mempelajari dan mencari sendiri materi serta sumber belajar lain tentang materi yang telah dipelajari. Rasa tanggung jawab siswa dengan siswa selalu teliti dalam mengerjakan soal latihan dan mampu menyelesaikan tugas sendiri tanpa meminta bantuan teman sebayanya. Siswa mampu mengambil keputusan sendiri ditunjukkan dengan siswa tidak ikut-ikutan meniru cara temannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Siswa mampu bersaing ditunjukkan dengan siswa selalu berlomba-lomba menyelesaikan tugas yang diberikan guru serta selalu beradu cepat dengan teman-temannya dalam menjawab soal yang diberikan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Metematika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Santoso, Fransiskus Gatot Iman NIDN0728047501 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kontekstual, kemandirian belajar matematika siswa |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program |
Depositing User: | Users 9159 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 05:34 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:26 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |