Theja, Tamara Thalia (2020) Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (635kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (209kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa dalam perkuliahan sehari-hari harus menyelesaikan tugas-tugas akademik antara lain tugas gambar anatomi, laporan, presentasi, praktikum, ujian, ada pula mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Hal-hal tersebut berpotensi memicu timbulnya stres akademik pada mahasiswa. Salah satu faktor yang diduga dapat mengurangi stres akademik pada mahasiswa adalah self regulated learning. Mahasiswa dengan self regulated learning yang tinggi cenderung menjaga motivasi belajar, membuat rencana belajar, mengatur lingkungan belajarnya dengan cara tertentu agar dapat belajar dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Stres akademik yang rendah akan diikuti dengan self regulated learning yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Subjek dalam penelitian ini (N = 139) adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur skala stres akademik dan self regulated learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan parametrik Korelasi Pearson Product-moment. Hasil analisis menunjukkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) dan hasil koefisien korelasi rxy sebesar -0,473 yang berarti ada hubungan negatif antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Semakin rendah self regulated learning, maka semakin tinggi stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hapsari, Elisabet Widyaning NIDN0704118303 elisabet_hapsari@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Stres akademik, self regulated learning, mahasiswa |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Tamara Thalia Theja |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 11:15 |
Last Modified: | 17 Jan 2021 11:15 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |