Hubungan antara strength-based parenting dengan student subjective Wellbeing pada remaja awal di Sekolah Menengah Pertama X Surabaya

Pondaag, Chavellaryan Raynold Edward Gilbert (2020) Hubungan antara strength-based parenting dengan student subjective Wellbeing pada remaja awal di Sekolah Menengah Pertama X Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy

Abstract

Subjective wellbeing penting bagi remaja awal sebagai pelajar di sekolah, karena menggerakkan remaja untuk menyadari lingkungannya dan membuat mereka lebih efektif dalam membangun dan meningkatkan kemampuan kreativitas, pemecahan masalah dan beberapa kemampuan lainnya yang penting untuk menjadi seseorang pelajar yang sukses. Jika tidak terpenuhi, akan timbul masalah-masalah bagi remaja seperti malas ke sekolah dan terjerumus dalam kenakalan remaja. Salah satu sumber ketidakbahagiaan remaja sebagai pelajar di sekolah adalah masalah dengan orang tua, yakni orang tua kurang mengenali kekuatan anak seperti yang terjadi pada remaja di Sekolah X Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Strength-Based Parenting dengan Student Subjective Wellbeing pada remaja awal di Surabaya. Penelitian ini melibatkan 80 pelajar sekolah X di Surabaya dengan rentang usia 13-15 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan skala Student Subjective Wellbeing Questionnaire untuk mengukur wellbeing remaja sebagai pelajar dan Strength-Based Parenting Scale untuk mengukur persepsi strength-based parenting dari siswa terhadap orang tua. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif antara strength knowledge dengan student subjective wellbeing dengan nilai p=0,027 (p < 0,05) dan r = 0,192, dan antara strength use dengan student subjective wellbeing dengan nilai p=0,000 (p < 0,05) dan r = 0,354. Dengan demikian, semakin tinggi strength-based parenting (strength knowledge & strength use) yang dilaporkan oleh remaja awal, maka semakin tinggi pula student subjective wellbeing remaja awal di sekolah tersebut dan semakin rendah strength-based parenting (strength knowledge & strength use) maka semakin rendah pula student subjective wellbeing remaja awal di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sumargi, Agnes Maria
NIDN712047302
Agnes-maria@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Subjective wellbeing, strength knowledge, strength use, strength-based parenting, student subjective wellbeing
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Chavellaryan Raynold E.G. Pondaag
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:47
Last Modified: 18 Jan 2021 07:47
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23950

Actions (login required)

View Item View Item