Cristiandiny, Vivi (2020) Studi kasus pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lorent Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (601kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (103kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
Preview |
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Anak usia dini merupakan anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat pada setiap tahapan usianya. Anak usia dini dapat distimulus melalui berbagai kegiatan yang melibatkan perkembangan aspek pada anak salah satunya adalah melalui perkembangan motorik kasar. Perkembangan motorik kasar dapat distimulus melalui berbagai kegiatan salah satunya adalah senam.. Kegiatan senam yang diberikan kepada anak usia dini juga dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan motorik kasar pada anak Selain kegiatan senam yang dilakukan di sekolah, ada kegiatan lain yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar pada anak yaitu kegiatan melompat dengan dua kaki ke depan dan berjalan jongkok. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan peneltian kualitatif jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di sekolah TK Santa Lorent Surabaya di kelas TK B3 dengan subjek 35 anak dengan jumlah anak perempuan 16 dan anak laki-laki 19. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan mengetahui hasil dari perkembangan motorik kasar pada anak melalui kegiatan senam, melompat dengan dua kaki ke depan dan berjalan jongkok ke samping. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap perkembangan motorik kasar pada anak TK Santa Lorent Surabaya di kelas TK B3 diketahui kegiatan senam yang dilakukan kurang efektif bagi anak sehingga membuat nilai perkembangan motorik kasar senam anak tidak ada perubahan, namun perkembangan motorik kasar pada anak lebih meningkat ketika anak melaksanakan kegiatan melompat dengan dua kaki ke depan dan berjalan jongkok ke samping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Puridawaty, Brigita NIDN0711108002 UNSPECIFIED Thesis advisor Dewi, Cresensia Dina NIDN0713058904 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Motorik kasar, anak usia dini |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Vivi Cristiandiny |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 13:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 13:07 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |